Rotogravure

Secara etimologi, Rotogravure terdiri dari 2 kata yaitu, Roto yang artinya berputar, lalu Gravure yang artinya ukir. Sedangkan secara terminologi, teknik cetak Rotogravure adalah salah satu teknologi yang menggunakan acuan berupa silinder yang berputar, lalu gambar atau tulisan diperoleh dari implementasi hasil ukiran.

Dengan begitu, teknik cetak ini melibatkan pengukiran gambar atau desain ke sebuah pelat film yang digunakan untuk membawa gambar. Lalu dicetak menggunakan mesin secara rotary atau berputar. Silinder diukir dengan alat mesin dan cara pembutan silinder film ini cukup rumit dengan proses yang cukup panjang.

Mesin cetak rotogravure sendiri memiliki satu unit pencetakan untuk setiap warnanya. Biasanya adalah CMYK yaitu Cyan, Magenta, Yellow, dan Key. Key adalah warna kunci hitam dalam istilah percetakan. Namun jumlah unit warna juga bisa bervariasi, bergantung pada warna apa yang ingin dihasilkan pada gambar. Pada setiap unit warna, terdapat 5 komponen dasar. Yaitu silinder gravure, reservoir tinta, doctor blade, impression roller, dan dryer atau pengering.

274 Views
 
× Kontak WhatsApp