Corrugated adalah bahan kemasan berbentuk gelombang yang terbuat dari satu atau beberapa lembar kertas kraft liner dan kertas medium sebagai lapisan gelombangnya. Adanya lapisan bergelombang inilah yang membedakan kardus karton gelombang dengan kardus karton lainnya. Corrugated merupakan bahan kemasan transport atau kemasan distribusi yang paling umum digunakan saat ini.

Jika dilihat dari tipenya, Kardus dapat dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya :
– Single Face Corrugated
– Singel Wall ( Double Faced ) Corrugated
– Double Wall Corrugated
– Triple Wall Corrugated

Tipe Single Wall merupakan tipe yang paling umum di Indonesia karena bentuknya yang simple dan praktis dalam pembentukan kardus. Tipe Single Wall ini juga jauh lebih ringan dari tipe yang lainnya sehingga dapat menekan biaya pengiriman menjadi lebih murah .

Dari jenis ketebalan bahan, karton dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya :


1. Flute A 4.8mm.

2. Flute B 3.2mm.

3. Flute C 4.0mm.

4. Flute E 1.6mm.

5. Flute F 0.75mm.

Flute B 3.0mm merupakan bahan yang paling umum digunakan untuk pembuatan kardus karena bahannya yang memiliki daya serap tinggi, tahan kuat dan juga tahan lama.
jadi untuk tiap tiap flute memiliki ketebalannya masing masing dan juga bahan bahan yang cukup berbeda di dalamnya.
Di dalam pembuatan kardus dibutuhkan bahan kertas dengan jenis bahan dan berat kertas yang berbeda – beda. Menurut jenisnya, kertas dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:

1. Kraft (coklat) & White Kraft (putih)

2. Medium (abu-abu)

Kertas kraft biasa dipakai dibagian luar box, bahan kraft lebih kuat dibandingkan bahan medium, karena kertas kraft dibuat dari bahan baku kayu jenis pinus dengan serat memanjang yang diolah menjadi pulp/bubur kertas. Jadi komposisi bahan untuk kertas kraft adalah 60% Pulp + 40% sisa + kimia.

Sedangkan untuk bahan medium biasanya dipakai dibagian dalam kardus atau dipakai untuk kertas gelombang yang ada pada bahan sheet. Bahan Medium terbuat dari bahan daur ulang kertas, kemudian diubah menjadi bubur kertas lalu diproses kembali menjadi kertas medium, komposisi bahan medium 100% bahan daur ulang kertas + kimia.

Dilihat dari jenis komposisi bahannya jelas kertas kraft lebih keras dibandingkan bahan medium. Tetapi kedua bahan kertas itu mempunyai fungsi dan daya serap yang berbeda yaitu:

Kraft : berfungsi untuk kekuatan jebol (Burshting Strenght)
Medium : berfungsi untuk kekuatan tumpuk/kelenturan (Stacking Strenght)

Kraft: Kadar air (moesture) lebih sedikit dari kertas medium .
Medium: Daya serap untuk pengeleman lebih baik daripada kertas kraft.

Untuk komposisi yang lebih baik, kardusbox menggunakan Kraft pada bagian luar dan dalam, sementara Medium digunakan pada bagian tengah bahan. Dengan begitu bahan yang dihasilkan adalah memiliki daya serap yang baik dan ketahanan yang tahan lama.

Semoga bermanfaat,…

249 Views
 
× Kontak WhatsApp