Pabrik Karton Box

Corrugated telah ada sejak 1871 ketika pertama kali dikembangkan di AS untuk membungkus benda2 mudah pecah, seperti gelas, piring, dkk. Pada tahun 1882 seorang Amerika bernama Robert H. Thompson, mematenkan mesin untuk memproduksi corrugated board. Terang saja beliau langsung jadi “Kakek Moyang” industri karton box.

Karton box adalah salah satu kemasan yang ramah lingkungan, karena menggunakan bahan dasar yang sifatnya daur ulang (kertas). Proses pembuatan karton box (board) diproses di mesin corrugator. Mulai dari roll (sheet) sampai menjadi board.  Board yang keluar dari mesin corrugator kemudian masuk ke mesin flexo (mesin cetak sekaligus mesin pembuat slot pada garis lipatan karton). Board yang awalnya polos menjadi lebih berwarna dan lebih menarik untuk dipandang. Proses pewarnaan di mesin flexo ini menggunakan rubber dies yang berfungsi sebagai cetakan (cap) yang diberi tinta.

percetakan-murah-di-bandung

Proses terakhir adalah pelipatan dan pengeleman karton, bisa juga di stiching (staples berukuran besar). sumber : Majalah PICCI Media_Edisi 42_Desember 2012.

Seperti yang kita ketahui dari tulisan di atas, bahwa karton box memang diperuntukan untuk barang yang mudah pecah, maka dari itu banyak pabrik karton box yang mengembangkan usahanya ke seluruh negri maupun luar negri. Jangan sampai salah memilih kualitas karton box anda, untuk urusan kemasan, karton box berperan penting untuk melindungi produk agar tidak rusak, hancur, pecah, robek. Maka dari itu sangat penting untuk memperhatikan kualitas dari karton box yang anda beli. Pilih desain yang mudah diingat oleh orang lain, memasarkan dengan nama yang mudah diingat akan memberikan kesan tertentu bagi para konsumen, dengan nama yang mudah diingat, maka penjualan produk barang juga akan meningkat.

127 Views
 
× Kontak WhatsApp